Monday, 28 November 2016

Siapakah Suyadi Tokoh Indonesia Yang Mendapat Apresiasi Dari Google Muncul di Doodle


Gak sengaja buka google doodle eh ternyata muncul seorang tokoh dari Indonesia yaitu Suyadi. Mungkin dari namanya terdengar begitu asing di telinga kebanyakan masyarakat indonesia, Namun, Ketika anda sudah melihat wajahnya saya yakin anda pasti akan langsung tahu betul siapa suyadi yang menjadi trending topik di google trend.

Google doodle-penghargaan untuk suyadi


Betul, beliau adalah sosok pak raden dalam tokoh serial si unyil, dengan khas kumis yang pak raden banget beliau adalah pencipta karatkter si unyil yang melegenda di Indoesia. Si unyil sendiri adalah karakter anak asli indonesia ciptaan Suyadi.

Drs. Suyadi begitu nama lengkapnya, seorang maestro yang lahir di Puger, Jember Jawa Timur Tepatnya tanggal 28 November 1932. Hal ini pula yang membuatnya pada tanggal 28 November 2016 kemarin Suyadi muncul di google doodle. Ia meninggal di Jakarta pada tanggal 30 Oktober 2015 di usianya yang ke 82 tahun.

Suyadi yang menciptakan si unyil pada tahun 80 an juga pernah didaulat menjadi ilustrator buku pelajaran bahasa indonesia tingkat sekolah dasar oleh Departemen Pendidikan dan Kebudayaan indonesia. Tidak heran hal ini karena Sayudi merupakan lulusan seni rupa Institut Teknologi bandung pada tahun 1952 - 1960 kemudian selanjutnya ia melanjutkan belajar animasi ke Prancis pada tahun 1961 sampai tahun 1963.

Baca Juga : Menikahlah Denganku, Soal Rejeki Kita Cari Bersama


Memang ternyata si unyil sudah ada sejak tahun 80 an ketika itu suyadi alias pak raden dengan karakter si Unyil nya pun di perbaharui kembali pada tahun 2000 an yang tayang dengan serial televisi di televisi swasta di Indonesia dengan nama "Laptop Si Unyil" hal ini agar karakter si Unyil tetap digemari oleh anak-anak zaman sekarang.

Sampai saat ini pun Serial Si unyil masih tayang di televisi dan melekat di hati masyarakat Indonesia, Sehingga wajar jika Google memberikan apresiasi pada tokoh yang telah memberikan karya terbaik untuk kebudayaan Indonesia.

Pun begitu pula kita sebagai masyarakat indonesia seharusnya bisa meberikan kredit plus pada hasil karyanya dengan tetap menjaga dan mekestarikan karyanya.

Cermin Pedia, Siap memberikan informasi terupdate tentang Teknologi, Gadget, Smartphone, Game dan Informasi yang bermanfaat lainnya. Stay on Cermin Pedia !


EmoticonEmoticon